Makalah Urgensi Psikologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Peserta Didik

           
Peserta didik merupakan anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan in formal pendidikan formal maupun pendidikan non formal pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu. Dalam mengajar peserta didik para pengajar harus memiliki skill agar apa yang mereka ajarkan mampu melekat dalam setiap peserta didik karena setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, oleh karena itu psikologi pendidikan dan pembelajaran sangat penting peranannya dalam pembelajaran peserta didik.
Psikologi pendidikan merupakan mata pelajaran yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pendidik untuk membantunya memahami perilaku belajar siswa, untuk menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi, dan menjelaskan apakah siswa dalam keadaan belajar yang baik. Dari pemaparan tersebut dapat kita pahami bahwa pengetahuan dan keterampilan mengenai psikologi pendidikan sangat membantu pendidik dalam mendidik para peserta didik.
Setiap peserta didik memiliki cara belajar tersendiri dalam psikologi pendidikan kita mempelajari macam-macam cara belajar bagaimana kita mengajari setiap peserta didik dengan perbedaan dari cara belajarnya yakni cara belajar visual auditori kinestetik serta membaca dan menulis. Dalam mengajar tidak serta merta kita memberikan pengetahuan kepada peserta didik namun kita harus mengetahui apa kelebihan dan kelemahan mereka dalam mempelajari suatu hal maka dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan dan pembelajaran sangat penting dalam memahami peserta didik.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.