Makalah Unsur-Unsur Potensi Pengelolaan Pesantren

           
Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang tersebar di Indonesia. Dimana pondok pesantren lahir ditengah-tengah masyarakatdari bagaimana tipe metode seperti apa yang diterapkan dalam pembelajarannya.
Setiap pondok pesantren memiliki ciri khas yang berbeda-beda tergantung implikasi globalisasi dalam pendidikan yaitu adanya delegurasi yang membuka peluang lembaga pendidikan (termasuk perguruan tinggi asing) membuka lembaga pendidikanya di Indonesia. Oleh karena itu persaingan di pasar kerja akan semakin berat. Kata “mutu” telah menjadi orientsi produk pendidikan. oleh karena itu lembaga pendidikan yang tidak mengorientasikan pembelajaran pada pencapaian mutu, cepat atau lambat akan segera ditinggalkan oleh konsumenya. Sebaliknya, lembaga pendidikan yang menjadikan mutu sebagai orientasi dan standar kualitasnya akan dicari konsumen pendidikan.
Namun kini repurtasi pesantren tampaknya dipertanyakan oleh sebagian masyarakat muslim Indonesia. Mayoritas pesantren masa kini terkesan berada di menara gading, elitis, jauh dari realitas sosial. Maka dengan ini ada terdapat beberapa potensi pesantren dan upaya pengembangan dan pembinaannya, agar tetap terjaga dan berkembang mengikuti modernisasi zaman.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *