Makalah Ulum Al-Qur’an dan Perkembangannya

Makalah Ulum Al-Qur’an dan Perkembangannya

Makalah Ulum Al-Qur’an dan Perkembangannya

Loading

           
A. Latar Belakang
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
Artinya : “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda.” (Q.S. Al-Baqarah : 185)
Al-Qur’an merupakan pedoman pertama dan utama bagi umat islam. Al-qur’an diturunkan dalam bahasa arab, namun yang menjadi masalah dan pangkal perbedaan adalah kapasitas manusia yang sangat terbatas dalam memahami al-qur’an. Karena pada kenyataannya tidak semua yang pandai bahasa arab, sekalipun orang arab sendiri, mampu memahami dan menangkap pesan ilahi yang terkandung didalam al-qur’an secara sempurna. Terlebih orang awam (non-arab) bahkan sebagian para sahabat nabi, dan tabi’in yang tergolong lebih dekat kepada masa nabi, masih ada keliru menangkap pesan al-qur’an.
Kesulitan-kesulitan itu menyadarkan para sahabat dan ulama’ generasi berikutnya akan kelangsungan dalam memahami al-qur’an. Mereka merasa perlu membuat rambu-rambu dalam memahami al-qur’an. Terlebih lagi penyebaran islam semakin meluas, dan kebuhan pada pemahaman al-qur’an menjadi sangat mendesak. Hasil jerih payah para ulama’ itu menghasilkan cabang ilmu al-qur’an yang sangat banyak. Adanya permasalahan tersebut menjadi urgensi dari ilmu-ilmu al-qur’an sebagai sarana menggali pesan tuhan, serta untuk mendapat pemahaman yang benar terhadap al-qur’an.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka permasalahan yang menjadi bahan kajian dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Apa pengertian ulum al-qur’an?
2. Apa saja ruang lingkup ulum al-qur’an?
3. Apa saja cabang-cabang ulum al-qur’an?
4. Bagaimana perkembangan ulum al-qur’an?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian ulum al-qur’an
2. Untuk mengetahui ruang lingkup ulum al-qur’an
3. Untuk mengetahui cabang-cabang ulum al-qur’an
4. Untuk mengetahui perkembangan ulum al-qur’an

.

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *