Makalah Tokoh Pendidikan Islam Klasik Ibnu Miskawih Dan Pemikirannya

           
Pengertian pendidikan secara umum, yang kemudian dihubungkan dengan islam sebagai suatu sistem keagamaan menimbulkan pengertian-pengertian baru, yang secara implisit menjelaskan karakteristik-karekteristik yang dimilikinya. Pengertian pendidikan dengan seluruh totalitasnya dalam konteks islam inheren dalam konotasi istilah “ Tarbiyah”, “Ta’lim” dan “ Ta’dib” yang harus dipahami secara bersama-sama.
Dengan demikian pendidikan islam adalah segala upaya atau proses pendidikan yang dilakukan untuk membimbing tingkah laku manusia baik individu maupun sosial, untuk mengarahkan potensi baik potensi dasar (fitrah) maupun ajar yang sesuai dengan fitahnya melalui proses intelektual dan spritual berlandaskan nilai islam untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan di akhirat.
Dari uraian diatas terlihat dengan jelas bahwa pemikiran muslim tentang pendidikan islam tidaklah monotelik
Pemikiran-pemikiran kependidikan yang diajukan para tokoh klasik tidak menutup kemungkinan masih ada yang cocok dan perlu dilaksanakan. Di tengah-tengah situasi dimana umat islam saat ini sedang mencari model pendidikan yang unggul dan terpadu sebagai upaya menajwab kebutuhan masyarakat. Sekilas tentang pemikiran-pemikiran Ibnu Maskawaih akan kami bahas dalam makalah ini.
Ajaran agama telah menerangkan akan pentingnya pendidikan itu. Bahkan umat islam di wajibkan untuk menuntut ilmu hingga akhir hayatnya, Kehidupan tanpa pendidikan adalah sebuah keniscayaan. Pendidikan ada karena naluri manusia yang mempunyai potensi untuk berkembang dalam dirinya. Berkat anugerah akal dan bimbingan Ilahi manusia mampu menjadi makhluk yang terus berkembang. Maka, seiring berjalanya waktu, model pendidikan selalu berubah kearah yang lebih maju dari zaman ke zaman.
pendidikan islam pada zaman Rasulullah SAW masih memakai sistem halaqoh yang di pimpin Nabi SAW sendiri, akan tetapi pada saat ini telah berdiri sekolah-sekolah dengan berbagai macam sistem pendidikan. Hal itu terjadi berkat sumbangsih pemikiran para tokoh-tokoh pendidikan islam terdahulu sejak nabi Muhammad SAW, para sahabat, dan para tokoh lainya seperti Imam ghazali, Ibnu Miskawaih, Ibnu Sina, dan tokoh lainya dari zaman klasik hingga modern seperti saat ini.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *