Makalah The Self Dan Frustasi

           
Setiap manusia memiliki perasaan tentang dirinya, seperti seseorang merasa pintar dari orang lain, lebih tahu, merasa cantik, merasa kaya, dan lain sebagainya, walaupun sebenarnya masih ada banyak orang yang lebih pintar, lebih cantik, dan lebih kaya dari dirinya. Perasaan tersebut memang terdapat pada setiap orang, itulah yang disebut dengan “Aku” atau “The self”.
Sepanjang masa perkembangan dari lahir hingga dewasa, kebutuhan-kebutuhan seseorang tidak selalu dapat terpenuhi dengan lancar. Seringkali terjadi hambatan dalam pemuasan suatu kebutuhan, motif, dan keinginan. Keadaan terhambat dalam mencapai suatu tujuan dinamakan frustasi. Keadaan frustasi yang berlangsung terlalu lama dan tidak dapat diatasi oleh seseorang akan menimbulkan stress.
Frustasi dapat bersumber pada hambatan yang terjadi diluar diri, maupun dalam diri seseorang. Hambatan dari luar misalnya cuaca mendung tak memungkinkan untuk menjemur kain. Hambatan dari dalam contohnya seseorang yang ingin mendekati wanita cantik terhambat oleh perasaan takutnya.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *