Makalah Teori Analisis Struktural

           
Bahasa adalah alat vital di dalam kehidupan manusia yang dikenal sebagai makhluk sosial. Maksudnya manusia hidup membutuhkan orang lain. Cara manusia mengkomunikasikan kebutuhannya yakni melalui bahasa. Oleh sebab itu, penting sekali peran bahasa dalam keberlangsungan hidup.
Bahasa dalam disiplin ilmu dijadikan sebagai ilmu pengetahuan. Ilmu yang mempelajari dan menjadikan bahasa sebagai objeknya ialah linguistik. Linguistik sejak zaman Yunani kuno telah ada dan terus berkembang. Dari tahun ke tahun linguistik mengalami perkembangan karena didasarkan pada eksistensi ilmu linguistik dan pembuktian bahwa ilmu linguistik juga bersifat ilmiah. Khususnya bidang kajian linguistik dalam menganalisis wacana, yaitu paradigma formalis dengan pendekatan struktural dan paradigma fungsional dengan pendekatan fungsionalnya.
Kedua pendekatan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam menjelaskan wacana. Fokus pembahasan pada makalah ini yakni analisis wacana dengan pendekatan struktural. Analisis menggunakan pendekatan ini juga membahas unsur utama wacana berupa antar kata, frasa, klausa dan kalimat. Dari hal ini akan diperoleh makna secara langsung (implisit) dari sebuah teks atau yang disebut kohesi. Kepaduan makna (koherensi) dan kerapian bentuk (kohesi) merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat keterbacaan dan keterpahaman wacana. Dengan demikian kita perlu memahami kohesi dan koherensi melalui analisis struktural.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *