Makalah Teknologi Informatikan Komputer

Makalah Teknologi Informatikan Komputer

          Teknologi Informatikan Komputer
A. Latar Belakang
E-commerce atau yang lebih dikenal dengan perdagangan elektronik telah mengalami perkembangan pesat selama beberapa dekade terakhir. Perdagangan elektronik adalah proses pembelian dan penjualan produk dan layanan secara elektronik melalui Internet. Di era digital yang terus berkembang ini, e-commerce telah mengubah cara kita berbelanja dan berbisnis.
Sebelum munculnya e-commerce, transaksi secara tradisional dilakukan dengan mengharuskan konsumen pergi ke toko fisik untuk membeli barang atau mendapatkan layanan tertentu. Namun, dengan adopsi teknologi Internet yang meluas, e-commerce memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian dan transaksi melalui platform online. E-niaga menawarkan beberapa manfaat utama bagi konsumen dan bisnis. Bagi konsumen, e-commerce menawarkan kemudahan aksesibilitas, kenyamanan dan fleksibilitas saat berbelanja. Anda dapat menelusuri lebih banyak produk dan layanan dari penjual di seluruh dunia, kapan saja, di mana saja. Selain itu, keunggulan e-commerce adalah harga yang lebih kompetitif karena persaingan antar penjual.
Pada saat yang sama, e-commerce menawarkan kesempatan kepada perusahaan untuk menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas di wilayah geografis yang berbeda. Mereka dapat memperluas basis pelanggan mereka, mengurangi biaya operasi dan meningkatkan rantai pasokan mereka. E-commerce juga memungkinkan mereka untuk memperluas jangkauan mereka tanpa toko fisik yang mahal, memberikan peluang bagi usaha kecil dan menengah untuk bersaing dengan perusahaan besar.
Meskipun e-commerce menawarkan banyak keuntungan, ada juga tantangan yang harus dihadapi. Keamanan dan privasi data adalah salah satu masalah terpenting untuk dipertimbangkan karena potensi risiko kehilangan data pribadi dan penipuan online. Selain itu, kepatuhan terhadap peraturan dan undang-undang, logistik dan pengiriman, serta perubahan teknologi yang cepat juga menjadi tantangan yang harus dihadapi saat menjalankan belanja online. Dalam konteks sosial, e-commerce telah mengubah kebiasaan belanja dan perilaku konsumen. Orang semakin menjadikan belanja online sebagai bagian dari gaya hidup mereka, yang menyebabkan pergeseran ke toko fisik dan mal tradisional. Hal ini juga menghadirkan peluang dan tantangan bagi usaha kecil dan menengah yang perlu beradaptasi dengan tren digital agar tetap relevan di pasar yang semakin kompetitif.
Singkatnya, di era digital, e-commerce telah menjadi bagian penting dalam hidup kita. Seiring kemajuan teknologi, toko online terus mengalami inovasi dan perubahan yang akan membentuk masa depan toko dan keseluruhan bisnis. Penting bagi kita untuk terus memahami dan mengikuti
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dinamakan e commerce dan bagaimana sejarahnya?
2. Bagaimana perkembangan e commerce?
3. Dan apa manfaat e commerce di dunia digital?
C. Tujuan
1. Untuk megetahui e commerce dan sejarahnya
2. Untuk mengetahui kelanjutan perkembangan e connercce
3. Untuk mempelajari manfaat e commerce di dunia digital

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *