Makalah Studi Kritis Aliran-Aliran Tarekat Yang Berkembang Masa Kini

Loading

           

Pada awalnya seorang berfilsafat untuk mengetahui makna segala sesuatu secara mendalam terhadap sebuah eksistensi, baik dari alam, maupun Tuhan. Dengan cara bertanya baik pada dirinya sendiri ataupun pada orang lain. Namun seiring perkembangan zaman, pemikiran melalui filsafat tentang eksistensi Tuhan, tidak sepenuhnya dapat memberi jawaban. Bagaimana mengenai hakekat diri dengan Tuhan, bagaimana mencapai derajat untuk mengetahui segala hal tentang Tuhan. Sehingga para ulama ulama Sufi memberi sebuah jalan lain untuk menemukan eksistensi itu yaitu dengan Tarekat.
Dalam ilmu tasawuf disebutkan bahwa makna tarekat adalah sebuah jalan untuk melakukan suatu ibadah sesuai dengan ajaran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan dikerjakan oleh para sahabat, tabi’in, dan tabi’ tabi’in secara turun temurun hingga kepada para ulama yang tersambung sampai pada masa kini. Pada awalnya, tarekat belum ada di dalam agama Islam. Akan tetapi, untuk memasuki dunia tasawuf, diperlukan suatu jalan untuk dapat mencapai tujuan utama yang ingin dicapai oleh seseorang. Dari situlah timbul satu cara untuk mendaki satu maqam ke maqam lainnya yang disebut tarekat.
Sejak munculnya gerakan pembaharuan Islam yang di bawah oleh gerakan beberapa aliran dari timur pada awal abad ke-20, aliran keagamaan yang cenderung sufistik termasuk tarekat dalam Islam terus terpojokkan pada posisi yang kurang menguntungkan. Aliran ini dipandang bertentangan dengan semangat pembaharuan yang cenderung modernis dan terkesan revolusioner. Sufisme dan tarekat mulai dipojokkan.

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *