Makalah Strategi Mengelola Konflik

           
Konflik atau biasa disebut masalah bisa saja terjadi kapan saja dan tidak dapat dihindari lagi karena dalam sebuah organisasi apapun yang terjadi tidak dapat diduga oleh siapapun. Maka dari itu dalam makalah kali ini kami membahas tentang bagaimana mengelola dan mungkin saja dapat diselesaikan dengan cara-cara yang telah sedikit kami paparkan.
Konflik dapat dikelola dengan baik dengan beberapa cara untuk mengelola dan menyelesaikan suatu masalah yang terjadi dalam sebuah organisasi. Karena konflik itu tidak bisa dibiarkan begitu saja dan bila saja itu terjadi maka konflik itu akan memperburuk keadaan dan akan mempersulit jalannya organisasi sesuai dengan rencana dan tujuan itu dari awal.
Menurut stevenin (2001) dalam menyelesaikan sebuah masalah ada lima langkah mendasar yang dicoba antara lain : (a). Pengenalan, yaitu dimana seseorang dapat memahami masalah yang terjadi didalam sebuah oragnisasi tersebut. (b). Diagnosis, metode ini fokus pada masalah utama. (c). Menyepakati suatu masalah, ialah menerima masukan dari orang lain yang juga terlibat didalam organisasi itu agar dapat lebih mudah untuk dapat memahami dan dapat menyelesaikan masalah itu sendiri. (d). Pelaksanaan, melaksanakan semua tindakan ini juga tetap harus berhati-hati karena bagaimanapun masalahnya tidak boleh sampai mempengaruhi kelompok tertentu. (e). Evaluasi, dalam setiap usaha pasti apa berhasil dan gagalnya jika semua langkah ini masih belum terlihat perkembangan dan perubahan yang lebih baik maka dapat dilakukan percobaan dari awal lagi.
Menurut Mangkunegara (2009)juga ada lima strategi untuk mengenali dan menyelesaikan masalah antara lain : (a). Menghindar (b). Akomodasi (c). Kompetisi (d). Kompromi atau negosiasi (e). Memecahkan masalah atau kolaborasi.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *