Makalah Sistem Operasional Perbankan Syariah

           
Bank adalah badan usaha yang mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan dana tersebut disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan, pinjaman dan bentuk lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Menurut ensiklopedia Islam, bank islam adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam sistem pembayaran serta penyebaran pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip-prinsip syaria’ah Islam.
Menurut ensiklopedia, berarti bank islam adalah bank yang tata cara beroperasi atau kegiatan operasionalnya harus berlandasankan dengan hukum Islam yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan Hadist.
Di perbankan syariah terdapat banyak peranan, salah satunya adalah kegiatan operasional. Kegiatan operasional perbankan syariah di Indosnesia dimulai pada tahun 1992 melalui pendirian PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. (PT. BMI).
Operasional perbankan syariah di Indonesia didasarkan pada Undang-undang No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan yang kemudian diperbaharui dengan Undang-Undang No.10 tahun 1998.
Peranan perbankan syariah dalam perekonomian relatif masih sangat kecil degan pelaku tunggal, ada beberapa kendala pengembangan perbankan syariah saat ini salah satunya adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap kegiatan operasional bank syariah. Secara kelembagaan bank syariah dibedakan ke dalam Bank Umum Syariah dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), masing-masing bentuk bank syariah ini memiliki sistem operasional sendiri-sendiri, namun dari aspek mekanisme kerjanya ada beberapa persamaannya. Makalah ini dibuat untuk menjelaskan sistem operasional bank syariah.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.