Makalah Sholat

           
Sholat merupakan ibadah yang wajib untuk didirikan oleh setiap umat muslim. Di dalam Hadist Riwayat Thabrany disebutkan bahwa Rosulullah SAW bersabda amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat ialah sholatnya. Karena sholat merupakan suatu perintah langsung dari Allah SWT tanpa perantara malaikat kepada Nabi Muhammad SAW ketika perjalanan Isra’ Mi’raj.
Mengingat ibadah sholat adalah wajib dan menjadi keharusan semua orang baik dari usia baligh hingga lansia sebelum dia meninggal tetap harus melaksanakannya. Dengan hal ini dapat dibuktikan bahwa pentingnya dalam melaksanakan sholat, sehingga wajib mengganti sholat yang terlewatkan sebab dikarenakan tertidur atau lupa. Bahkan bagi orang yang sedang sakit, selagi masih mampu untuk melakukan sholat, harus tetap melaksanakannya dengan keringanan yang sesuai dengan ketentuannya.
Sebuah riwayat menjelaskan bahwa sholat merupakan tiang agama. Oleh karena itu, orang yang melaksanakan sholat berarti ia telah menegakkan dan mengokohkan agama itu sendiri. Sebaliknya, orang yang meninggalkan sholat sama saja dengan orang yang melemahkan bahkan merobohkan eksistensi agamanya. Selain itu kedudukan sholat dalam Agama Islam merupakan ibadah yang menempati posisi penting dan tidak dapat digantikan oleh ibadah apapun juga.
ibadah sholat juga mempunyai hikmah bagi kehidupan kita maupun masyarakat. Secara pribadi, ibadah sholat akan menghasilkan hikmah kepada mereka yang mengerjakan, setidaknya salah satu diantaranya yaitu dapat mengendalikan diri kita dari kemaksiatan.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *