Makalah Semantik Di Tinjau Dari Segi Pemaknaan

           
Menurut MA, Taufiqqurrohman. (2008-14) semantik ialah ilmu yang membahas tentang sifat-sifat dari simbol bahasa dan mengkaji makna yang ada pada simbol tersebut dari aspek relasi makna dehan struktur bahasa, perkembangan makna, macam-macam makna dan sebagainya.
Bahasa merupakan media komunikasi yang paling efektif yang dipergunakan oleh manusia untuk berinteraksi dengan individu lainnya. Bahasa yang digunakan dalam berinteraksi pada keseharian kita sangat bervariasi bentuknya, baik dilihat dari fungsi maupun bentuknya.
Tataran penggunaan bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat dalam berinteraksi tentunya tidak lepas dari penggunaan kata atau kalimat yang bermuara pada makna, yang merupakan ruang lingkup dari semantik.
Kata semantik berasal dari bahasa Yunani sema yang artinya tanda atau lambang (sign). “Semantik” pertama kali digunakan oleh seorang filolog Perancis bernama Michel Breal pada tahun 1883.Ilmu sematik terus berkembang hingga melahirkan dua macam bidang studi, yaitu: ilmu tentang kosakata (vocabulary) dan ilmu tentang kamus (leksikologi). yaitu salah satu dari tiga tataran analisis bahasa: fonologi, gramatika, dan semantik (Chaer, 1994: 2).
Kata semantik kemudian disepakati sebagai istilah yang di gunakan untuk bidang linguistik yang mempelajari tentang tanda-tanda linguistik dengan hal-hal yang di tandai. Oleh karena itu, kata semantik dapat di artikan sebagai ilmu tentang makna atau arti.
Menurut Museor, Pateda. (2001:79). Bahwa istilah makna merupakan kata-kata dan istilah yang membingungkan. Makna tersebut selalu menyatu pada tuturan kata maupu kalimat.
Bahasa merupakan media komunikasi yang paling efektif yang dipergunakan oleh manusia untuk berinteraksi dengan individu lainnya. Bahasa yang digunakan dalam berinteraksi pada keseharian kita sangat bervariasi bentuknya, baik dilihat dari fungsi maupun bentuknya. Tataran penggunaan bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat dalam berinteraksi tentunya tidak lepas dari penggunaan kata atau kalimat yang bermuara pada makna, yang merupakan ruang lingkup dari semantik.

.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *