Makalah Sejarah Turunnya Al-Qur’an

          Sejarah turunnya al-qur’an
A. Latar Belakang
Secara global, Al Qur’an adalah kalamullah atau firman Allah SWT. Al-Qur’an sendiri diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW yang juga merupakan Nabi terakhir melalui malaikat Jibril. Tujuan diturunkannya Al-Qur’an adalah sebagai pedoman agar manusia bisa menjadi khalifah di muka bumi. Mereka yang mengambil Al-Qur’an sebagai pedoman akan menemukan kebahagiaan di kehidupan ini dan selanjutnya. Setelah itu, Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad secara bertahap selama 23 tahun. Turunnya Al-Qur’an dimulai pada hari ke-17 Ramadhan, yang juga bisa disebut malam Lailatur qadar. Al-Qur’an diturunkan secara bertahap untuk memudahkan manusia memahaminya. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Al-Isra: 106.
وَقُرْاٰنًا فَرَقْنٰهُ لِتَقْرَاَهٗ عَلَى النَّاسِ عَلٰى مُكْثٍ وَّنَزَّلْنٰهُ تَنْزِيْلًا {١٠٦}¹
Artinya : Al-Qur’an Kami turunkan berangsur-angsur agar engkau (Nabi Muhammad) membacakannya kepada manusia secara perlahan-lahan dan Kami benar-benar menurunkannya secara bertahap.²
Maka tujuan kami menulis tentang Al Qur’an dan hikmahnya diturunkannya Al Qur’an secara bertahap yaitu guna mengetahui dengan secara detail supaya tidak keliru dalam mengapresiasikannya dalam kehidupan sehari – hari.
B. Rumusan masalah
1. Apa pengertian dari Al Qur’an?
2. Apa hikmah diturunkannya Al Qur’an secara berangsur-angsur?

C. Tujuan masalah
1. Untuk mengetahui pengertian dari Al Qur’an
2. Untuk mengetahui hikmah diturunkanya Al Qur’an secara berangsur-angsur

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *