Makalah Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren, Dan Pola Kepemimpinannya

           
Berdirinya pondok pesantren tidak dapat di pisahkan dari keadaan sosial budaya masyarakat sekitarnya . tidak jarang tempat asal mula pondok pesantren berdiri berada di tempat kecil yang penduduknya belum beragama atau belum menjalankan syari’at agama . di dirikannya pondok pesantren di Indonesia seing memiliki latar belakang yang sama, di mulai dengan usaha secara pribadi maupun secara kelompok dan berkeinginan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas , pondok pesantren memiliki potensi untuk maju dan berkembang memperdayakan diri bagi masyarakat lingkungannya.
Pesantren di katakan sebagai lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia karena pesantren telah banyak berperan dalam proses penyebaran islam di Indonesia. Model pendidikan pesantren berkembang di seluruh Indonesia dengan nama dan corak yang bervariasi. Di jawa di sebut pondok atau pesantren, di aceh di kenal dengan rangkung, di sumatera barat di kenal dengan surau, nama sekarang yang di terima umum adalah PONDOK PESANTREN.
Peran pondok pesantren yang berpegang teguh pada idealisme, membangun jaringan intelektual, hingga menjunjung tinggi moral [akhlak] di nilai salah satu lembaga yang masih bisa eksis dalam melewati berbagai bentangan dan tantangan zaman yang menentang, walaupun pondok pesantren masih memiliki beberapa keterbatasan dalam berintegrasi dengan perubahan. Secara definitive , pondok pesantren dapat di artikan sebagai lembaga pendidikan tradisional islam ( tafaqquh fi al-din ) dengan menekankan pentingnya moral agama islam sebagai pedoman hidup bermasyarakat sehari-hari.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.