Makalah Ruang Lingkup Pembiayaan Pendidikan Islam

Loading

           
Salah satu fitrah esensial manusia ialah pendidikan, melalui pendidikan manusia dapat dididik guna mengenal beragam konsep bagi keberlangsungan hidupnya menuju arah yang dicita-citakan. Pendidikan sangat urgen karena pendidikan, adalah agen perubahan dan transformasi tata nilai yang terorganisir dengan baik. Karena itu pendidikan merupakan aset umat yang perlu dijaga eksistensi dan kesinambungannya. Kontinuitas kegiatan suatu lembaga pendidikan sangat berkaitan dengan berbagai faktor, salah satu diantara faktor tersebut adalah faktor biaya.
Biaya adalah merupakan permasalahan yang teramat penting bagi keberlangsungan hidup dari suatu lembaga pendidikan. Dana / biaya bagaikan darah yang mengalir pada seluruh bagian tubuh manusia, jika manusia kekurangan darah maka cepat atau lambat pada akhirnya ajal siap menjemputnya. Demikian pula dengan dana pendidikan, tanpa biaya semua program yang direncanakan tidak mungkin akan bisa dioperasionalkan. Pembiayaan pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan, pembiayaan sebagai faktor pendukung. Proses belajar mengajar akan terlaksana berjalan secara maksimal apabila tujuan yang akan dicapai memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan perencanaan. Senada disampaikan oleh Fatah (2006) bahwa pembiayaan sangat dibutuhkan untuk kebutuhan operasional, dan penyelenggaraan sekolah yang didasarkan kebutuhan nyata yang terdiri dari gaji, kesejahteraan pegawai, peningkatan kegiatan proses belajar mengajar, pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana, peningkatan pembinaan kesiswaan, peningkatan kemampuan profesional guru, administrasi sekolah dan pengawasan.
Pada hari ini kita di hadapkan oleh sebuah Problem mahalnya biaya pendidikan tinggi yang dirasakan masyarakat disatu sisi, serta keinginan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik pada sisi yang lain senantiasa menjadi masalah yang tak kunjung mendapatkan penyelesaian yang memuaskan.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *