Makalah Qiraat Al-Qur’an

           
Pada masa hidup nabi muhammad SAW, perhatian terhadap umat kitab Al- qur’an ialah memperoleh ayat-ayat Al-qur’an dengan mendengarkan, membaca dan menghafalkannya secara lisan dari mulut ke mulut.
Pada periode pertama, al-qur’an belum dibukukan, sehingga dasar pembacaan dan pelajarannya masih secara lisan. Hal ini berlangsung terus sampai pada masa sahabat, masa pemerintah khalifah abu bakar dan umar r.a pada masa mereka, kitab al-qur’an sudah dibukukan dalam satu mushaf. Pembukaan al-qur’an tersebut merupakan ikhtiar khalifah abu bakar r.a. atas inisiatif umar bin khattab r.a. pada masa khalifah utsman bin affan r.a. mushaf al-qur’an itu disalin dan dibuat banyak, serta dikirim ke daerah-daerah islam yang pada waktu itu sudah menyebar luas guna menjadi pedoman bacaan pelajaran dan hafalan al-qur’an.
Hal itu diupayakan khalifah utsman, karena pada waktu ada perselisihan sesama muslim di daerah Azzerbeijan mengenai bacaan al-qur’an. Perselisihan tersebut hampir saja menimbulkan perang saudara sesama umat islam. Sebab, mereka berlainan dalam menerima bacaan ayat-ayat al-qur’an karena oleh nabi
Muhammad SAW diajarkan cara bacaan yang relevan dengan dialek mereka masing-masing. Tetapi karena tidak memahami maksud tujuan nabi
Muhammad SAW, lalu tiap golongan menganggap hanya bacaan sendiri yang benar, sedang bacaan yang lain salah, sehingga mengakibatkan perselisihan. Itulah pangkal perbedaan qira’at dan tonggak sejarah tumbuhnya ilmu qira’at. Tatkala para qori’ sudah tersebar di berbagai pelosok. Qira’at tersebut diajarkan secara turun temurun dari guru ke guru, sehingga sampai pada para imam qira’at, baik yang yang tujuh maupun yang sepuluh.
Sebab-sebab mengapa hanya tujuh imam qira’at yang masyhur padahal masih banyak imam-imam qira’at lain yang lebih tinggi kedudukannya, karena sangat banyaknya periwayat qira’at mereka. Ketika semangat dan perhatian generasi sesudahnya menurun, mereka lalu berupaya untuk membatasi hanya pada qira’at yang sesuai dengan khaf mushaf serta dapat mempermudah penghafalan dan pendabitan qira’atnya.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.