Makalah Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran

    Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran

 A.Latar belakang
Tampaknya sulit dibantah bahwa pada zaman seperti sekarang ini kemampuan manusia belajar telah berkembang dengan cepat. Melalui dukungan teknologi, mekanisme pembelajaran di sekolah telah membantu dalam mempercepat daya nalar peserta didik. Karena itu, menurut James Mangan sangat tidak realistis untuk mengharapkan bahwa manusia dalam waktu puluhan tahun mendatang akan mempertahankan diri dalam tradisi pengajaran yang konvensional. Model pengajaran konvensional meski berguna, namun sangat lamban dalam mengantisipasi dampak perubahan sosial.
Pentingnya pembelajaran pendidikan agama Islam di setiap sekolah menuntut seorang guru harus bisa membuat siswa merasa nyaman dan tidak jenuh dengan pembelajaran pendidikan agama Islam yang disampaikan, salah satu cara untuk membuat siswa merasa nyaman adalah penyampaian seorang guru atau metode yang diberikan kepada siswa bervariasi. Kurikulum Pendidikan Agama harus menjadi prioritas dalam meningkatkan mutu peserta didik tersebut. Salah satunya dengan membangun motivasi dalam belajar kepada peserta didik yang kurang ditumbuhkan. Pengaruh motivasi sangatlah kuat untuk mendapatkan hasil yang diinginkan pada proses belajar. Dengan memiliki motivasi, semua aktivitas belajar menjadi terarah, sehingga tidak mengalami kekacauan pada saat menerima pengajaran dari guru. .
Dalam membangun motivasi ini tidaklah mudah. Penyebabnya adalah adanya beberapa faktor yang menjadikan timbulnya motivasi pada peserta didik. Ada dua faktor yang memengaruhi motivasi, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, merupakan motivasi yang di bangun atas dorongan dari peserta didik itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal yang utama adalah keluarga dan lingkungan sekitar ,baik di lingkungan rumah maupun di sekolah. Keluarga yaitu khususnya orang tua yang mempunyai hak penuh sebangai pendidik di rumah. Untuk menciptakan motivasi ,orang tua perlu mendidik anak anak mereka dengan penuh kasih sayang serta memberi perhatian lebih terhadap pendidikannya.
B. Rumusan Masalah
1. Apa konsep motivasi belajar?
2. Apa teori motivasi belajar?
3. Apa faktor yang mempengaruhi motivasi?
C. Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui bagaimana konsep motivasi belajar
2. Untuk memahami teori motivasi belajar
3. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *