Makalah Proses Penghimpunan Berita

           
Jurnalistik ialah ilmu yang terus berkembang dari zaman dan menyesuailan diri dengan perkembangan yang sangat moderen ini, tanpa menyadari bahwa dalam jurnalistik terdapat seluk-beluk yang mana seluk-beluk ini tanpa mengikuti zaman perkembangan yang terjadi dalam dunia jurnalistik.
Menurut Prof. Dr. Muhammad Butyatna, M.A. (2009;15) Jurnalistik atau Journalisme berasal dari kata journal artinya catatan harian atau catatan mengenai kejadian atau peristiwa sehari-hari atau bisa juga berarti suratkabar. Seorang akan sulit memahami seberapa besar hasil kerja jurnalistiknya yang menimbulkan dampak perubahan yang baik pada kehidupan masyarakatnya.
Profesi seorang wartawan menuntut tanggung jawab yang membutuhkan kesadaran tinggi dari pribadi-pribadi wartawan sendiri. Hal inilah yang disebut dalam dunia jurnalistik sebagai self perception wartawan atau persepsi yang ada pada diri wartawan. Kesadaran yang tinggi hanya dapat dicapai apabila ia memiliki kecakapan dan keterampilan serta pengetahuan ilmu pengetahuan seputar jurnalistik yang memadai untuk menjalankan profesinya, baik yang diperolehnya melalui pelatihan atau pendidikan khusus maupun hasil dari bacaannya.
Dalam makalah ini terdapat delapan sub-bab yang akan menjadi bekal bagi para wartawan, adapun segi meliput berita, memberikan ilmu pengetahuan bagaimana menjadi wartawan dan reporer yang baik, metode-metode peliputan dengan cara menyamar, syarat-syarat menjadi wartawan, penggalian berita, penentuan berita, dapur redaksi beat dan wilayah peliputa dan persaingan meliput berita.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *