Makalah Prinsip Dan Produk Asuransi Syariah

           
Dalam kehidupan, seorang manusia pasti akan mengalami Sebuah musibah atau sebuah masalah yang mana masalah tersebut akan menimbulkan sebuah kerugian atau risiko Tidak dalam hal ini adayang namanya asuransi, y ang berfungsi sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut. Sebagai orang muslim disini kami akan membahas mengenai akuntansi transaksi Asuransi yag Syariah tentunya.Sehingga dengan adanya pembahasan ini maka kita akan tahu dan paham mengenai akuntansi asuransi. Akuntansi Asuransi yang akan kami berdiskusi disini adalah yang digunakan di lembaga keuangan syariah. Dalam akuntasi asuransi syariah ada beberapa prinsip yang ada didalamnya yangharus diterpakan termasuk : saling bertanggung jawab jawab, saling didekati, saling melindungi. Dan akuntansi asuransi syariah dan konvensional memiliki perbedaan. Dan dengan ini kami akanuntuk sebuah makalah yang akan memaparkan hal-hal tersebut.
Secara prinsip, syariah mencakup seluruh aktivitas Muslim terkait perilakubaik dan buruk serta halal dan haram. Syariah bertumpu pada iman dan akhlak serta memiliki balasan di dunia dan akhirat. Syariah mengacu untuk Al-Qurandan As-Sunnah Nabi Muhammad GERGAJI, begitu juga aturan yang diterapkan dalamAsuransi Syariah. dalam konteks bisnis khususnya asuransi berbasis syariah,ketentuan dalam Al-Quran dan As-Sunnah serta pendapat ulama (fiqih) diterjemahkan dalam produk asuransi.
Asuransi pada dasar merupakan persiapan yang dibuat oleh sekelompok orang yang masing-masing menghadapi kerugian kecil sebagai sesuatu yang tidak dapat dilupakan. ketika kerugian itu menimpa salah seorang anggota dari perkumpulan tersebut,maka kerugian itu akan ditanggung bersama dalam setiap kehidupan manusia terus menghadapi kemungkinan terjadinya suatu malapetaka , musibah dan bencana yang dapat melenyapkan dirinya atau berkurangnya nilai ekonomise Seorang Baik terhadap dir sendiri,keluarga atau perusahaannya yang diakibatkan oleh meninggal dunia, kecelakaan, sakit,atau lanjut usia serta kehilangan fungsi dari pada suatu benda, seperti kecelakaan, kehilangan akan barang dan juga kebakaran.
Asuransi berprinsip Syariah merupakan bidang bisnis asuransi yangbelakangan ini cukup mendapatkan perhatian besar dikalangan masyarakat Indonesia khususnya yang beragama Islam .(Saksono, 20 12) Perusahaan asuransi syariah di Indonesia saat ini menawarkan aneka macam produk asuransi yang saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat perorangan maupun kolektif perusahaan

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *