Makalah Prestasi Belajar

           
Secara psikologi semua orang selalu ingin mencapai cita-cita yang diinginkannya. Ia akan berusaha dengan sekuat tenaga demi keberhasilan tersebut. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk bekerja secara optimal adalah motivasi, baik itu motivasi intrinsik ataupun motivasi ekstrinsik. Karena fungsi dari motivasi itu sendiri adalah sebagai pendorong seseorang untuk berbuat atau bertindak dan menentukan arah perbuatan kearah yang hendak dicapai. Jadi, dengan adanya motivasi, seseorang tergerak untuk melakukan segala tugas demi suatu tujuan atau cita-cita.
Di dalam setiap lembaga pendidikan, hal terpenting yang diinginkan adalah prestasi yang baik dari anak didik. Untuk mencapai prestasi yang baik, anak didik tersebut harus belajar. Sebagaimana pamaparan Muhibbin Syah, “Belajar adalah key ‘term’“ (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak ada pendidikan”.
Suatu kegiatan belajar dapat dikatakan maksimal jika prestasi yang diinginkan tercapai dengan hasil yang memuaskan dan efisien (hemat waktu, biaya dan tenaga). Adapun salah satu cara untuk mengetahui hasil proses belajar tersebut adalah dari nilai yang diberikan oleh pendidik. Dengan nilai tersebut, maka anak didik akan merasa punya pegangan, pedoman dan hidup dalam kepastian bathin. Disamping itu, anak didik butuh mengetahui statusnya diantara teman-temannya. Misalnya, apakah ia tergolong anak pilihan, yang pandai, yang sedang dan sebagainya; juga kadang ia butuh membandingkan dirinya dengan teman-temannya demi kemajuannya di masa yang akan datang .

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *