Makalah Peserta Didik Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

           
Pendidikan adalah suatu bentuk interaksi manusia. Dalam Undang-Undang republik indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Pendidik dan peserta adalah dua entitas yang tak dapat terpisahkan dalam menggerakkan dimensi pendidikan terutama pendidikan Islam. Kedunya mempunyai interaksi secara terus menerus yang dapat menghasilkan perambahan intelektual, namun tidak dapat dipungkiri dalam praktek pendidikan terkadang mengalami degradasi dan dekadensi bagi kalangan pendidik dengan mengesampingkan tradisi-tradisi humanis yang seharusnya diberlakukan dalam dimensi-dimensi peserta didik. Hal ini penting menjadi sebuah otokritik yang produktif dalam membangun tradisi pendidikan dengan mensejajarkan peserta didik tanpa adanya bentuk diskriminasi.
Hakekat Peserta Didik menurut ilmu filosofi adalah menuntut pemikiran secara dalam, luas, lengkap, menyeluruh, tuntas serta mengarah pada pemahaman tentang Peserta Didik.
Dalam upaya mencapai tujuan pendidikan islam, peserta didik hendaknya memiliki dan menanamkan sifat-sifat yang baik dalam kepribadiannya. Sifat seperti berkemauan keras atau pantang menyerah, memiliki motivasi yang tinggi, sabar dan tabah, tidak mudah putus asa.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.