Makalah Perkembangan Masa Prenatal Dan Masa Kelahiran

           
Setiap makhluk hidup pada hakikatnya mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Manusia, hewan, dan tumbuhan mengalami pertumbuhan dan perkembangan mereka masing-masing. Manusia sebagai makhluk Allah yang paling sempurna memiliki beberapa tahapan dalam perkembangannya. Perkembangan tersebut dimulai dari masa pranatal, masa bayi, lalu tumbuh menjadi seorang remaja, dewasa, dan kemudian meninggal.
Masa pranatal merupakan titik mulai kehidupan manusia. Perkembangan dan pertumbuhan manusia dimulai pada masa ini, yakni ketika manusia masih berada di dalam kandungan ibu. Tetapi, masih terdapat sekelompok orang yang menganggap bahwa perkembangan psikologi manusia dimulai ketika manusia dilahirkan ke dunia. Akibatnya, mereka mengacuhkan perkembangan psikologi pada masa pranatal. Padahal, masa pranatal ini merupakan masa yang menentukan psikologi seseorang pada masa-masa selanjutnya. Sejak masih masa prenatal, janin telah siap untuk mendapat pendidikan. Sebagaimana firman Allah:
وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلى أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ قالُوا بَلى . سورة الأعراف: 172
Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap nyawa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (KeEsaan Tuhan)”.(QS. Al-A`raf: 172).
Oleh sebab itu, pendapat tersebut perlu diluruskan. Inilah yang menyebabkan perkembangan pranatal perlu dipelajari. Di samping itu, sebagai calon ibu

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.