Makalah Perkembangan Hukum Islam Pada Masa Imam Mazhab

           
Fikih adalah ilmu tentang hokum-hukum syaria’at yang bersifat praktis, yaitu hokum-hukum yang berkaitan dengan perbuatan-perbuatan mukallaf. Atau fiqih adalah hukum-hukum itu sendiri.
Ilmu fiqih adalah salah satu disiplin ilmu yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan umat islam. Fiqih termasuk ilmu yang muncul pada masa awal berkembang agama islam. Secara esensial, fiqih sudah ada pada masa Nabi SAW, walaupun belum menjadi sebuah disiplin ilmu tersendiri. Karena Semua persoalan keagamaan yang muncul waktu itu, langsung ditanyakan kepada Nabi SAW. Maka seketika itu solusi permasalahan bisa terobati, dengan bersumber pada Al Qur’an sebagai al wahyu al matludan sunnah sebagai alwahyu ghoiru matlu. Baru sepeninggal Nabi SAW, ilmu fiqh ini mulai muncul, seiring dengan timbulnya permasalahan-permasalahan yang muncul dan membutuhkan sebuah hukum melalui jalan istimbat.
Penerus Nabi Muhammad SAW diteruskan oleh para sahabat,tabi’in dan ulama’ hingga sampai pada zaman kita sekarang ini. Perkembangan ilmu fiqih bisa kita klasifikasikan secara periodik menurut masanya, yaitu: Masa Rosulullah SAW, Masa Para Sahabat, Masa Tabi’in, Masa Imam Mujtahid (masa pembukuan Fiqh), dan masa kontemporer.
Dalam makalah ini, kami mencoba menjelaskan perkembangan Ilmu Fiqh yang teratur dalam beberapa perumusan masalah di bawah ini.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Oiem

Leave a Reply

Your email address will not be published.