Makalah Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi

           
Reformasi pendidikan dan pembelajaran selalu dilakukan dari waktu ke waktu dan tidak pernah berhenti. Pendidikan dan pembelajaran berbasis kompetensi merupakan contoh hasil perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.
Istilah belajar dan belajar merupakan istilah yang berkaitan erat dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam proses pendidikan. Belajar sebenarnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau memberikan pelayanan agar siswa belajar. Untuk itu, harus dipahami bagaimana siswa memperoleh pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru dapat memahami proses memperoleh pengetahuan, maka guru akan dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi siswanya.
Dalam proses pendidikan di sekolah tugas utama guru adalah mengajar sedangkan tugas utama setiap siswa adalah belajar. Keterkaitan antara belajar dan mengajar itulah yang disebut belajar. Sedangkan menurut McAshan, kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan atau kapabilitas yang dimiliki seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga mewarnai perilaku kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Artinya tanpa pengetahuan dan sikap tidak mungkin muncul suatu kompetensi tertentu.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.