Makalah Peran IQ, EQ, SQ, CQ Dan AQ Dalam Perkembangan Profesi

           
Derasnya laju informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi memicu dan memacu setiap prang untuk menjadi cerdas. Banyak orang tua yang berburu jasa kursus, pelatihan, bimbingan belajar dan lain sebagainya untuk mencerdaskan di definisikan sangat sederhana, yakni jika anak 2 tahun telah mampu mengeja sederajat kata bahkan sederajat kalimat dengan baik, maka ia dikatakan sebagai anak yang cerdas karena banyak anak lain pada usia tersebut belum mampu melakukannya.
Menurut Daniel Goleman (Emotional Intelligence –1996): orang yang mempunyai IQ tinggi tapi EQ rendah cenderung mengalami kegagalan yang lebih besar dibanding dengan orang yang IQ-nya rata-rata tetapi EQ-nya tinggi, artinya bahwa penggunaan EQ atau olahrasa justru menjadi hal yang sangat penting, dimana menurut Goleman dalam dunia kerja, yang berperan dalam kesuksesan karir seseorang adalah 85% EQ dan 15% IQ. Jadi, peran EQ sangat signifikan.
Kita perlu mengembangkan IQ menyangkut pengetahuan dan keterampilan, namun kita juga harus menmpilkan EQ yang sebaik-baiknya karena EQ harus dilatih. Untuk meningkatkan EQ dan IQ agar dapat membina hati nurani yang baik kita juga harus mengembangkan SQ yang merupakan cerminan dari hubungan kita dengan ALLAH SWT.jadi perpaduan antara EQ,IQ,dan SQ inilah yang sangat penting dalam meniti karir agar menjadi lebih baik. Disamping itu, kita juga perlu mengembangkan AQ yang dapat mengajarkan kepada kita bagaimana menjadikan tantangan bahkan ancaman menjadi peluang, jadi yang ideal memang kita perlu menyeimbangkan abtara EQ IQ SQ DAN AQ.
Oleh karena itu, dalam makalah ini kami sangat tertarik mengkaji tenatng IQ EQ SQ CQ DAN AQ dalam perkembangan profesi yang sangat besar pengaruhnya terhadap dunia kerja.
Jadi perpaduan antara IQ, EQ dan SQ inilah yang akan membina jiwa kita secara utuh, sehingga kita dapat meniti karir dengan baik, dimana akan lebih baik lagi jika ditambahkan AQ (Adversity Quotient) yang mengajarkan kepada kita bagaimana dapat menjadikan tantangan bahkan ancaman menjadi peluang. Jadi yang ideal memang saudara harus mampu memadukan IQ, EQ, SQ dan AQ dengan seimbang sehingga Insya Allah saudara akan menjadi orang yang sukses dalam meniti karier.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *