Makalah Peradaban Islam Indonesia Pasca Kemerdekaan

           
Telah tercatat dalam sejarah islam bahwa islam telah Berjaya dan mengalami kemajuan dalam segala bidang selama berates ratus tahun sehingga membuat masyarakat islam merasa bangga dengan dengan kejayaan yang pernah diraihnya,namun kenyataanya,islam pernah mengalami kemunduran dan keterbelakangan.Hal ini dapat dilihat setelah Nabi Muhammad SAW. Menjadikan islam Berjaya dan diakui seluruh dunia sampai sekarang ini.oleh karena itu,di dalam diri umat islam muncul pandangan yang menyebutkan bahwa politik dan peradaban islam merupakan bagian yang integral dari ajaran islam.Alasannya adalah ajaran islam memiliki fleksibilitas dan elastisitas yang tinggi serta memiliki relevansi yang kuat ddengan perkembangan umat islam itu sendiri.
Di samping itu,salah satu bukti bahwa islam akan tetap berjaya adalah muncul dan berkembangnya islam di Indonesia yng telah menjadi bukti sejarah bagi bangsa Indonesia dimana perananya sangat besar terhadap perjuangan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia .Dengan melihat ke belakang,sejarah masuknya islam ke Indonesia yaitu melalui berbagai cara dimana di antaranya adalah melai perdagangan,perkawinan yang di dimulai oleh para saudagar saudagar arab. Dengan kehadiran mereka maka tertarik pula kalangan putra putrid pilihan bangsa Indonesia untuk mendalami dan mempelajari islam sampai mereka menjadi ulama besar dan aktif berdakwah ajaran islam kepada rakyat Indonesia sehingga perjuangan itulah islam berkembang sampai sekarang di Indonesia.
Setelah pejuangan kemerdekaan Indonesia telah mencapai puncaknya ddengan di proklamirkannya proklamasi,sesungguhnya pejuangan bansa masih banyak yang harus disempurnakan. Sejak awal kebangkitan nasional ,posisi agama sudah mulai dibicarakandalam kaitannya dengan politik atau Negara.Ada dua pendapat yang didukung oleh dua golongan yang bertentangan dengan hal itu.Satu golongan berpendapat,Negara Indonesia merdeka hendaknya merupakan sebuah Negara “sekuler”,Negara yang dengan jelas memisahkan persoalan agama dan politik sebagaimana yang diterapkan di turki oleh musthafa kamal. Golongan lainnnya berpendapat ,Negara Indonesia merdeka adalah “Negara islam”. Indonesia adalah Negara yang memiliki penduduk yang mayoritas beragama islam.
Indonesia adalah Negara yang memiliki penduduk yang mayoritas beragama islam. Walaupun Indonesia tidak memakai islam sebagai asas Negara , akan tetapi mayoritas yang di usung oleh islam sangat mendominasi kehidupan bangsa Indonesia , Khususnya penduduk yang beragama islam .Kebudayaan – kebudayaan yang berlaku itu brangsur – angsur membentuk peradaban islam yang mampu membawa penduduk Indonesia kepada kemajua dan kecerdasan.
Peradaban islam di Indonesia sesudah kemerdekaan mengalami perubahan yang sangat pesat , perubahan tersebut hamper meliputi seluruh aspek kehidupan.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *