Makalah Penyusunan Program Semester ( Promes)

           
Di dalam pembelajaran yang dinamakan pemikiran sangatlah dibutuhkan. Khususnya di dalam perkuliahan, mahasiswa harus dapat mendeskripsikan implementasinya. Implementasi merupakan suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap.
Berdasarkan uraian diatas, dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dan penilaian adalah operasionalisasi konsep KTSP yang masih bersifat potensial (tertulis) menjadi actual dalam bentuk kegiatan pembelajaran.
Perencanaan pembelajaran merupakan proses penerapan kurikulum yang berlaku menjadi program pembelajaran yang selanjutnya dapat dijadikan pedoman bagi para pendidik dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendidikan seharusnya para pendidik mengetahui tentang perencanaan pembelajaran agar dapat mempermudahkan suatu sistem penddidikan dan dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efesien. Maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satu diantaranya ialah program semester.
Program semester (promes) merupakan suatu rancangan kegiatan yang harus disiapkan dan dilaksanakan dalam satu lembaga pendidikan. Maka dari itu dalam pembahasan makalah kali ini pemakalah akan menjelaskan secara mendalam mengenai desain program semester. Program semester yaitu berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Dengan hal ini pemakalah mempunyai harapan dapat menambah pengetahuan yang berguna bagi kehidupan dari para pembaca.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *