Makalah Pengumpulan Dan Penertiban Al Qur’an

           
Al-Qur’ān ( Arab, Al-Qur’an: القرآن) merupakan kitab suci Agama Islam yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia, dan bagian dari rukun iman, dan sebagai wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagaimana yang terdapat dalam surat Al-‘Alaq ayat 1-5.
Al-Qur’an tidak diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW secara sekaligus melainkan ayat-ayat al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur, ayat demi ayat, surat demi surat yang memakan waktu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Masa turunnya Al-Qur’an ini dibagi menjadi 2 periode: yaitu periode Mekkah dan periode Madinah. Periode Mekkah Al-Qur’an diturunkan berlangsung selama 12 tahun masa kenabian Rasulullah SAW dan surat-surat yang turun pada waktu ini tergolong surat Makkiyyah. Sedangkan periode Madinah Al-Qur’an diturunkan dimulai sejak peristiwa hijrah Rasulullah berlangsung selama 10 tahun dan surat yang turun pada kurun waktu ini disebut surat Madaniyah. Ilmu Al-Qur’an yang membahas mengenai latar belakang atau sebab-sebab suatu atau beberapa ayat Al-Qur’an diturunkan disebut Asbabun Nuzul (Sebab-sebab Turunnya (suatu ayat).
Pada zaman Nabi Muhammad SAW, ayat Al-Qur’an tidak dibukukan seperti saat ini. Melainkan ayat-ayat Al-Qur’an ditulis pada pelepah kurma,batu tipis,tulang dan sebagainya, disamping itu banyakpula yang menghafalkannya. Betapa pentingnya Al-Qur’an bagi seluru umat Muslim di dunia dan akan tetep terjaga dari kesalahan sampai akhir dirasa sangat perlu untuk membukukan Al-Qur’an dalam satu mushaf seperti saat ini. Apabila Al-Qur’an tidak dibukukan apalagi pada zaman nabi serta sahabat banyak terjadi peperangan besar banyak diantaranya orang-orang yang hafal Al-Qur’an mati syahid, akibatnya dikhawatirkan sebagaian dari Al-Qur’an akan hilang. Oleh karena itu kami akan membahas penulisan dan pengumpulan Al-Qur’an dimulai dari masa Nabi Muhammad SAW hingga sampai masa para sahabat ( Khulafaur Rasyidin )

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *