Makalah Penggunaan Media Pembelajaran Online Kahoot Dalam Model Pembelajaran Matematika

           
Belajar merupakan kegiatan utama dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Belajar bertujuan untuk menghasilkan perubahan tingkah laku yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kegiatan pembelajaran di kelas memerlukan adanya aktivitas belajar siswa, partisipasi siswa dalam pembelajaran dan komunikasi interaktif siswa dengan guru. Karena, aktivitas belajar siswa didalam kelas perlu di rancang sedemikian rupa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
“Belajar itu pada intinya adalah berbuat. Berbuat untuk mengubah tingkah, seperti mengubah pengalaman menjadi pengetahuan dan pengetahuan menjadi pemahaman, oleh sebab itu belajar tidak terlepas dari aktivitas dan tidak ada belajar kalau tanpa aktivitas. Itulah sebabnya aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting di dalam interaksi belajar-mengajar” (Sardiman, 2016: 95-96).
Dengan demikian aktivitas belajar merupakan hal yang wajib penting dilakukan oleh seorang siswa sebagai pelajar, namun tidak sedikit siswa memandang belajar sebagai sesuatu yang bikin bosan dan tidak terlalu penting. Misalnya saja, banyak ditemukan siswa yang malas dan merasa tidak ada kemauan untuk belajar, dengan cara tidak mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Sedangkan dalam menunjang proses pembelajaran diperlukan adanya kemauan supaya belajar itu dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan dan memperoleh manfaat. Pada dasarnya dengan adanya kemauan, maka terdapat dorongan individu untuk melakukan aktivitas belajar dan mengajar juga akan terlaksana dengan baik. Belajar dapat memberi perubahan yang positif jika dilakukan dengan efektif dan maksimal yang akan menghasilkan sebuah hasil berupa potensi yang berguna untuk masa depan.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Syarif

Leave a Reply

Your email address will not be published.