Makalah Pengertian Prosa

Loading

           
prosa adalah karya sastra yang berbentuk cerita di antaranya adalah novel. novel memiliki dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra dari dalam, sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur- unsur karya sastra yang membangun dari luar. di dalam meneliti unsur intrinsik sebuah novel kita dapat meneliti nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam novel tersebut.
karakter berarti watak atau tabiat. selain itu, karakter sering di kaitkan dengan kejiwaan. jadi, karakter adalah sistem keyakinan dan kebiasaan yang ada dalam diri seseorang yang mengarahkannya dalam bertingkah laku.
Nilai pendidikan karakter dapat di jadikan salah satu bahan ajar oleh seorang guru, seorang guru haruslah teliti dalam memilih bahan ajar untuk peserta didik misalnya saja novel yang akan di pilih guru untuk bahan ajar. setelah membaca sebuah novel pembaca di harapkan mendapat pemahaman tentang apa yang terjadi pada masyarakat pada waktu novel itu bercerita.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *