Makalah Pengertian Dan Manajemen Pesantren

           
Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era global ini sangat berpengaruh dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan, sosial, dan budaya, termasuk dalam pendidikan pesantren.
Untuk menghadapi tuntutan masyarakat, lembaga pendidikan masyarakat, termasuk pondok pesantren, harus fungsional. Karena lembaga pendidikan sebagai salah satu wadah dalam masyarakat dapat dijadikan sebagai pintu gerbang dalam menghadapi tuntutan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berubah.
Pengurus pesantren perlu melakukan perubahan secara terus menerus sejalan dengan perkembangan tuntutan yang ada di masyarakat. Pengembangan Manajemen Pesantren merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu atau kualitas pesantren. Manajemen memantau dan memberikan arahan agar proses berjalannya suatu lembaga pesantren dapat terpantau. Tidak berbeda dengan lembaga pendidikan lain seperti sekolah formal, pendidikan pesantren juga membutuhkan manajemen untuk mengembangkan atau memajukan sebuah pesantren.
Manajemen merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah pesantren karena untuk kelancaran pesantren, perkembangan pesantren, dan kemajuan pesantren. Pesantren yang sistem pengelolaannya rendah atau bahkan buruk, dapat mengakibatkan menurunnya daya guna sebuah pesantren.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.