Makalah Pengawas Sekolah

           
Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satu komponen yang menunjang berlangsungnnya proses pendidikan disekolah adalah pengawas sekolah. Pengawasan sekolah itu penting karena merupakan mata rantai terakhir dan kunci dari proses manajemen. Kunci penting dari proses manajemen sekolah yaitu nilai fungsi pengawasan sekolah terletak terutama pada hubungannya terhadap perencanaan dan kegiatan –kegiatan yang didelegasikan.
Pengawas sekolah adalah tenaga pendidik profesional yang diberi tugas, tanggung jawab, dan wewenang penuh untuk melakukan pembinaan dan pengawasa pendidikan pada satuan pendidikan. Pengawas sekolah hendaknya menjadi konsultan pendidikan yang senantiasan menjadi pendamping bagi guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu endidikan. Lebih dari itu kehadiran pengawas sekolah haru menjadi agen dan pelopor dalam inovasi pendidikan disekolah binaannya.
Peranan pengawas sekolah sangat mendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan, peranannya tidak boleh diabaikan atau disepelekan karena disamping perlunya kepala sekolah yang profesional dan guru serta staf sekolah yang profesional diperlukan juga pengawas sekolah yang profesional. Oleh karena itu, tenaga pengawas harus memiliki kualifikasi dan kompetensi yang baik dan unggul. Peranannya hendaklah dapat menjadi konsultan pendidikan yang senantiasa dapat menjadi pendampin bagi guru dan kepala sekolah dalam memajukan sekolah atau meningkatkan mutu pendidikan. Suatu pengawasan dikatan penting karena tanpa adanya pengawasan yang baik tentunnya akan menghasilakn tujuan yang kurang memuaskan, baik bagi organisasinya sendiri.

.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *