Makalah Pendidikan Di Masa Khulafaur Rosyidin

           
Secara harfiah kata Kholifah berasal dari kata khalf yang berarti wakil, pengganti, dan penguasa. Selanjutnya muncul istilah Kholifah yang dapat diartikan sebagai institusi politik islam, yang ber sinonim dengan kata “imamah” yang berarti pemerintahan.
Dalam pada itu Ibn KHoldun berpendapat, bahwa khilafah adalah tanggung jawab umum yang sesuai dengan tujuan syara’ (hukum islam) yang bertujuan untuk mewujudkan kemaslahatan dunia dan akhirat bagi umat. Pada hakikatnya, khilafah merupakan pengganti fungsi pembuat syara’, yakni Nabi Muhammad saw, dalam urusan agama dan urusan politik keduniaan.
Selanjutnya muncul istilah Kholifah dan bentuk jamaknya Khulafa’ atau Khola’if yang berarti orang yang menggantikan kedudukan orang lain dan seseorang yang mengambilalih tempat orang lain sesudahnya dalam berbagai persoalan. Kholifah juga berarti al-sultan al-a’zan (kekuasaan paling besar atau paling tinggi).
Adapun kata Ar-Rasyidin secara harfiah berasal dari kata Rosyada yang artinya cerdas, jujur, dan amanah. Dari kata Rosyadakemudian berubah menjadi kata benda atau kata nama Rosyid dan jamaknya Rosyidun yang berarti orang-orang yangcerdas, jujur, dan amanah. Dengan demikian, secarasederhana Khulafaur Rosyidin adalah para pemimpin yang menggantikan kedudukan pimpinan sebelumnya dan menunjukkan sikap yang cerdas, jujur, dan amanah.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *