Makalah Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika

           
Masalah matematika adalah soal-soal matematika yang didalamnya terdapat pertanyaan-pertanyaan tantangan untuk dipecahkan atau dijawab dan pemecahannya tidak bisa dilakukan dengan secara langsung menggunakan aturan, prosedur rutin yang biasa digunakan.
Pemecahan masalah adalah kegiatan matematika yang sangat sulit untuk diajarkan dan dipelajari, sejumlah besar penelitian telah difokuskan pada pemecahan masalah matematika.
Banyak sekali jumlah keterampilan intelektual yang dipelajari oleh siswa, keterampilan-keterampilan ini, untuk bidang upapun digolongkan berdasarkan kompleksitasnya (Dahar, 2011).
Upaya mendapatkan pemecahan atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan soal matematika, berbeda antara siswa yang satu dengan lainnya. Sebagian siswa memandang sulit untuk dipecahkan, sementara siswa lain merasa mudah. Seorang siswa yang belum pernah berhasil memecahkan soal matematika akan merasa kesulitan dalam proses pemecahannya, tetapi pada kesempatan lain tidak lagi menjadikannya masalah karena sedikit atau banyak memiliki pengalaman dalam tugas yang sama atau identik. Ketika dihadapkan dengan suatu soal yang sama sekali baru, maka proses pemecahan atau menjawabnya membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengumpulkan segala pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya, kemudian mengorganisirnya dalam suatu proses pemecahan, hingga diperoleh jawabannya atau bahkan gagal tidak mendapatkannya. Inilah masalah matematika.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.