Makalah Pemikiran Filsafat Sokrates Plato dan Aristoteles

Loading

           

Filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu philosophia,terdiri dari kata philo yang berarti cinta dalam arti luas yaitu ingin dan karena itu lalu berusaha mencapai yang diinginkan itu, sedangkan sophia artinya kebijakan yang artinya pandai, pengertian yang mendalam.
Manusia sebagai ciptaan Tuhan yang teristimewa dikaruniai kemampuan berfikir yang sekaligus membedakannya dengan ciptaan lainnya. Ada beberapa tokoh yang dikenal sebagai pemikir di zamannya.
Beberapa yang terkenal adalah tiga tokoh yang dikenal dengan sebutan “The Gang of Three” yaitu Sokrates, Plato, dan Aristoteles. Ketiga orang inilah yang dianggap berperan besar dalam membentuk pola pikir barat (Westwm Mind).
Sokrates menekankan pentingnya argumentasi dan pemikiran kritis dalam berpikir. Plato menekankan perlunya untuk selalu mencari “kebenaran” dan mempertahankan pemikiran kritis. Sedangkan Aristoteles, murid dari Plato dan guru dari Alexander Agung, mengembangkan pemikiran “kategoris” dimana segala sesuatu harus dapat didefinisikan dan dikatagorikan.

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *