Makalah Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari

           
Kota kecil yang bernama jombang tidak henti hentinya memunculkan sosok tokoh yang sangat berpengaruh dibumi Indonesia Raya. Sebelum era Gus Dur (Abdurrahman Wahid), Cak Nun (Emha Ainun Najib), dan Cak Nur (Nurkhalis Masjid), jombang telah melahirkan tokoh besar yang mampu mewarnai jalannya NKRI. Beliau adalah KH. Hasyim Asy’ari, yang tak lain juga kakek Gus Dur.
Sosok fenomenal Hasyim Asy’ari kenyang pengalaman menyinggahi pesantren dijawa sebelum melanjutkan pendidikan ketanah Arab. Sekembalinya ke Indonesia beliau mendirikan pesantren Tebuireng jombang yang terkenal dengan ilmu hadistnya. Kedalam ilmu, dan pemikirannya dalam pendidikan sangat brilian, sampai sampai kyai di jawa memberinya gelar “Hadratus Syaikh” yang berarti “ Tuan Guru Besar”.
Hasyim Asy’ari termasuk tokoh utama pendiri sosial keagamaan terbesar di indonesia yaitu NU (Nahdlatul Ulama’). Organisasi ini bertujuan mempertahankan ajaran ahlu sunnah wal jama’ah serta tradisi islam. Sementara corak pendidikan islam yang diselenggarakan oleh lembaga ini pada mulanya bersifat tradisional dengan hanya mengajarkan agama saja dengan perkembangan, lembaga ini juga memasukkan ilmu umum dengan sistem madrasah.
Dalam kancah perjuangan merebut kemerdekaan dari belanda dan jepang, lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan NU ini pula memanggul dengan mengorbankan jiwa dan raga melawan penjajah. Dalam kaitannya dengan perjuangan melawan penjajah ini tergambar jelas dalam rumusan Revolusi jihad NU 1945[1]. Revolusi inilah yang memicu perlawanan sengit rakyat Surabaya pada pertempuran tiga hari 27, 28, 29 Oktober 1945 yang berujung pada tewasnya Jendral Mallaby.
Resolusi jihad ini muncul tidak lepas dari peran KH. Hasyim Asy’ari yang mengomandoi para ulama untuk merumuskan hukum berperang membela negara. Atas jasa tersebut, sudah selayaknya beliau mendapatkan tanda jasa. Namun ia enggan menerimanya karena khawatir perjuangannya itu menggugurkan niat ikhlasnya.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.