Makalah Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam Ikhwan Al-Shafa

           
Dalam kajian filsafat pendidikan Islam, ada beberapa tokoh muslim yang sangat berjasa dalam pengembangan/pembaharuan pemikiran pendidikan Islam, khususnya dari para filosof Muslim, seperti al-Farabi, Al-Ghazali, Ibn Khaldun, Ikhwan al-Shafa, dan lain sebagainya. Ikhwan al-Shafa adalah salah satu organisasi yang didirikan oleh sekelompok masyarakat yang terdiri dari para filosof. Sebagai perkumpulan atau organisasi yang bersifat rahasia, Ikhwan al-Shafa menfokuskan perhatiannya pada bidang dakwah dan pendidikan. Organisasi ini juga mengajarkan tentang dasar-dasar Islam yang didasarkan oleh persaudaraan Islamiyah (ukhuwah Islamiyah), yaitu sikap yang memandang iman seseorang muslim tidak akan sempurna kecuali ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.
Para filsuf tersebut mengemukakan konsep-konsep pendidikan baru di zaman selanjutnya, konsep-konsep pendidikan itu menjadi landasan dasar pengembangan pendidikan. Pendidikan dipilih menjadi sarana untuk memperbaiki moral bangsa penting kita konsep secara sistematis dan struktur, baik dari segi tujuan pendidikan, pendidikan, maupun peserta didiknya. Karena diharapkan, pendidikan mampu menciptkan insan yang lebih baik dalam akhlak maupun kecerdasan intelektualnya. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu tujuan dari pendidikan adalah memanusiakan manusia, yang artinya bahwa mengembangkan kemampuan manusia secara optimal sehingga mampu melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan perspektifnya.
Salah satu pandangan konsep pendidikan adalah konsep pendidikan menurut Ikhwan al-Shafa, hal ini menjadi penting karena Ikhwan al-Shafa menitik beratkan tujuan pendidikan itu untuk pengenalan diri. Selain itu, Ikhwan al-Shafa juga mengedepankan kepentingan sosial diatas kepentingan pribadi. Hal ini dapat menimbulkan nilai-nilai baik pada peserta didik, jika nilai ini terus dikembangkan, maka peserta didik akan menjadi orang yang bermanfaat, dan tentu pernaikan-perbaikan sosial yang dilakukan di masyarakat sksn mudah di capai. Untuk lebih jelasnya filsafat dan konsep pendidikan Ikhwan al-Shafa akan dibahas dalam makalah ini.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *