Makalah Pemikiran Ekonomi Islam Abad VIII H Atau 14 M

           
Latar Belakang Pemikiran tentang ekonomi Islam telah muncul sejak Islam itu diturunkan melalui Nabi Muhammad Saw. Karena rujukan utama pemikiran ekonomi Islami adalah Al Quran dan Hadis maka pemikiran ekonomi ini munculnya juga bersamaan dengan diturunkan Al Quran dan masa kehidupan Rasulullah Saw pada abad akhir 6 M hingga awal abad 7 M.
1. Pada periode awal (Masa Awal Islam- 450 H/1058 M) ini banyak sarjana muslim yag pernah hidup bersama para sahabat Rasulullah dan para tabi’in sehingga dapat memperoleh referensi ajaran Islam yang autentik.
2. Pemikiran ekonomi pada masa periode kedua (450-850 H/1058-1446 M) ini banyak dilatarbelakangi oleh menjamurnya korupsi dan dekadensi moral, serta melebarnya kesenjangan antara golongan miskin dan kaya, meskipun secara umum kondisi perekonomian masyarakat Islam berada dalam taraf kemakmuran.
3. Dalam periode ketiga (850-1350 H/1446-1932 M) ini kejayaan pemikiran, dan juga dalam bidang lainnya, dari umat Islam sebenarnya telah mengalami penurunan Dengan demikian, agar lebih tepat dalam memotret sejarah sosial terbentuknya teori ekonomi tersebut,

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *