Makalah Pasar Modal Syariah

Loading

           

Pasar modal merupakan suatu sarana atau tempat bertemunya antara pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) yang menyalurkannya untuk diinvestasikan di pasar modal, dengan pihak yang membutuhkan dana (perusahaan) untuk memperoleh dana tambahan modal yang dipergunakan untuk memperluas jaringan usahanya dengan memperjualbelikan asetnya di sekuritas. Pasar modal menjadi sesuatu yang penting dan sangat berharga. Pernyataan ini bisa benar kalau melihat kondisi globalisasi keuangan saat ini, dimana pasar modal menjadi ujung paling awal yang tersentuh di era globalisasi yang mendunia saat ini.
Salah satu ciri negara yang sedang berkembang adalah tingkat tabungan masyarakat masih rendah, sehingga dana yang dialokasikan untuk investasi menjadi tidak mencukupi.3 Pasar modal dipandang sebagai salah satu sarana yang efektif untuk mempercepat pembangunan suatu negara. Hal ini dikarenakan pasar modal merupakan sarana yang tepat untuk menggalang pengerahan dana jangka panjang dari masyarakat umum, yang mana nantinya akan disalurkan ke sektor-sektor yang lebih produktif. Apabila pengerahan dana masyarakat melalui lembaga keuanganmaupun pasar modal sudah dapat berjalan baik, maka dana pembangunan yang berasal dari luar negeri bisa lebih dikurangi.
Dengan adanya pasar modal investor individu maupun badan usaha dapat menyalurkan kelebihan dana yang dimilikinya untuk diinvestasikan di pasar modal dan para pengusaha dapat memperoleh dana tambahan modal untuk memperluas jaringan usahanya dari para investor yang berada di pasar. Selain menghadirkan potensi keuntungan jangka panjang, manfaat berinvestasi selanjutnya bisa membuat para investor memiliki penghasilan yang tetap. Berinvestasi bisa dilakukan pada saham, obligasi, dan properti membuat investor tak perlu pusing untuk mencari cara untuk memiliki penghasilannya lainnya dilain penghasilan dari gaji pekerjaan.

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *