Makalah Pancasila Dalam Perspektif DiEra Digitalisasi

           

Pancasila merupakan pedoman dasar bangsa Indonesia yg di dalamnya telah tertuang nilai- nilai luhur serta akan terus berkembang relevansinya seiring dengan perkembangan zaman dan juga sifat Pancasila yang tidak kontekstual atau bisa di bilang berlakunya tidak berdasarkan waktu. desain khusus dari para pemikir bangsa menunjukkan bahwa Pancasila akan terus berlaku.
Pancasila sebagai dasar dan idiologi negara merupakan kesepakatan politik ketika negara Indonesia di dirikan hingga sekarang di era teknologi informasi atau globalisasi.negara Indonesia tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara. sebagai dasar negara tentulah Pancasila harus menjadi acuan negara dalam menghadapi tantangan global dunia yang terus berkembang.
Di era globalisasi ini peran Pancasila tentulah sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia. karena dengan adanya globalisasi, batasan batasan di antara negara seakan tidak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah kedalam masyarakat.
Hal ini dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi bangsa Indonesia. Jika kita dapat memfilter dengan baik berbagai hal yang timbul dari dampak globalisasi, tentunya globalisasi itu akan menjadi hal yg positif karena dapat menambah wawasan dan mempererat hubungan antara bangsa dan negara di dunia. tapi jika kita tidak dapat memfilter dengan baik maka hal hal negatif dari dampak globalisasi dapat merusak moral bangsa dan eksistensi kebudayaan Indonesian.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *