Makalah Mutu Pendidikan

          Mutu Pendidikan
A. Latar Belakang
Hidup dan kehidupan mengalami perubahan. Perubahan terjadi terus-menerus pada tingkat pribadi dan privat, pada tingkat komunitas lokal, regional, nasional, dan global. Perubahan terjadi pada aspek psikologis, fiskal, sosial, ekonomi, hukum, politik, sains, tekhnologi, peradaban dan budaya (Ahmad Sanusi, 2013 : 115)
Abdurrahman Shaleh dalam Muhammad Faturrohaman (2012 : xiv) menyatakan bahwa ada tiga faktor yang menyebabkan mutu pendidikan menurun dan mengalami perkembangan tidak merata. Pertama, kebijkan penyelenggaraan pendidikan nasional yang menggunakan pendekatan educational production function atau inputoutput yang dilaksanakan secara tidak konsekuen. Kedua, penyelenggaraan pendidikan nasional dilakukan secara birokratis-sentralistik, sehingga menempatkan sekolah (madrasah) sebagai penyelenggaraan pendidikan sangat tergantung pada keputusan birokrasi yang panjang dan kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kondisi sekolah (madrasah) setempat. Ketiga, peran serta masyarakat khususnya orang tua peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan selama ini pada umumnya lebih bersifat dukungan input (dana), bukan pada proses pendidikan (pengambilan keputusan monitoring, evaluasi, dan akuntabilitas).
Berdasarkan praktik penyelenggaraan pendidikan di Indonesia selama ini, dan langkah-langkah yang telah dirintis (baik oleh pemerintah maupun masyarakat) serta kebijakan ke depan , konsep mutu baik dalam pengertian absolut, relatif (standar) maupun kepuasan pelanggan atau konsumen dalam hal ini siswa/wali murid, ketiganya harus sinergis, bersamaan dan saling melengkapi.
Maka dari itu Pemerintah dan lembaga pendidikan melakukan upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan, diantaranya melakukan pembenahan bidang proyek penelitian nasional pendidikan. Tujuan dari kegiatan itu agar dapat memecahkan masalah pendidikan yang menyangkut masalah peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan baik di daerah terpencil maupun di daerah perkotaan. Dengan demikian lembaga pendidikan harus dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikannya.
B. Rumusan Masalah
1. Apa Konsep Kualitas/ Mutu?
2. Apa Konsep Manajemen Mutu?
3. Apa Prinsip Manajemen Mutu?
4. Apa Saja 8 Standar Mutu Pendidikan?

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *