Makalah Musyarakah Dalam Perekonomian Islam

           
Dunia perekonomian semakin berkembang dengan pesat. Di tengah-tengah gempuran negara-negara barat yang modern dengan berbagai macam prinsip dalam perekonomian mereka, islam tentunya juga memiliki berbagai prinsip dalam dunia perekonomian. Pada dasarnya semua prinsip dalam dunia perekonomian memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapat keuntungan dan memberikan sebanyak-banyaknya manfaat pada masyarakat.
Islam datang sebagai rahmat bagi alam semesta. Kedatangan Islam membawa pencerahan dalam setiap sisi kehidupan, konsep ekonomi di antaranya. Dengan sistem kerja sama dalam ekonomi Islam diharapkan dapat tercapainya keseimbangan dalam kehidupan. Konsep yang memperhitungkan keuntungan bersama, mencapai kebahagiaan pribadi dengan mendapatkan keuntungan dan juga menguntungkan orang lain, serta tetap menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama dalam hal ikut menanggung beban kerugian rekan kerja sama.
Konsep tersebut memiliki karakter yang berbeda dengan sistem bunga. Karena dalam sistem bunga selalu menuntut profit atau keuntungan pasti tanpa mempertimbangkan rekan kerja samanya sedang mendapatkan keuntungan atau kerugian. Sedangkan konsep kerja sama dalam ekonomi Islam memiliki rasa peduli terhadap sesama dengan saling merasakan keuntungan dan menanggung beban kerugian. Sebuah konsep ekonomi yang bijaksana. Menanamkan kepedulian, tidak mementingkan diri sendiri. Menguji kejujuran dan rasa tanggung jawab. Membantu sesama dengan tetap mendapatkan keuntungan dan terhindar dari haramnya riba yang bisa menjerat orang lain.
Dalam islam sendiri dikenal berbagai macam prinsip ekonomi salah satu yang akan kita bahas di sini adalah mengenai kerja sama modal usaha atau biasa disebut dengan musyarakah. Tidak dipungkiri bahwa kita sebagai manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan memerlukan bantuan dari orang lain. Begitu juga dalam dunia perekonomian, adakalanya kita membutuhkan suatu kerja sama untuk mengembangkan usaha kita.
Konsep kerja sama sendiri sebenarnya telah ada sejak zaman pra-aksara, meskipun kerja sama yang dilakukan masih dalam hal yang sederhana seperti berburu dan meramu. Seiring dengan berjalannya waktu dan bercampurnya berbagai kebudayaan, maka istilah kerja sama semakin meluas terutama ke arah perekonomian. Kerja sama dapat menjadi jalan untuk mengembangkan perekonomian serta menjalin tali persaudaraan.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *