Makalah Model Pembelajaran Terpadu Treaded & Intergated

Loading

           

A. Latar Belakang
pembelajaran terpadu dan terintegrasi berkaitan dengan pengakuan bahwa dunia nyata tidak terdiri dari segmen-segmen terisolasi, tetapi merupakan sistem yang saling terkait. Pendekatan pembelajaran tradisional yang terfragmentasi cenderung mengabaikan hubungan dan interaksi antara berbagai topik atau disiplin ilmu yang relevan.
Dalam konteks pendidikan, pendekatan terpadu dan terintegrasi bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa dengan menghubungkan konsep, pengetahuan, dan keterampilan dari berbagai bidang studi. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk melihat dan memahami keterkaitan yang ada antara berbagai topik dan konteks kehidupan nyata.
Ada beberapa alasan mengapa pembelajaran terpadu dan terintegrasi menjadi penting:
1. Relevansi: Dunia nyata tidak terbagi menjadi mata pelajaran terpisah. Ketika siswa dapat melihat bagaimana topik dan konsep saling terhubung, mereka akan lebih mampu menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari dan melihat relevansinya.
2. Pemahaman yang mendalam: Melalui pendekatan terpadu, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang topik atau masalah yang sedang dipelajari. Mereka dapat melihat banyak sudut pandang, mempertimbangkan implikasi yang lebih luas, dan mengintegrasikan berbagai perspektif.
3. Keterampilan berpikir lintas disiplin: Dalam dunia yang kompleks, siswa perlu mengembangkan keterampilan berpikir lintas disiplin yang memungkinkan mereka untuk mengatasi tantangan dan masalah yang kompleks. Pembelajaran terpadu dan terintegrasi membantu siswa mengembangkan kemampuan ini dengan melihat dan menerapkan konsep-konsep dari berbagai bidang.
4. Kolaborasi dan pemecahan masalah: Pembelajaran terpadu dan terintegrasi mendorong kolaborasi antara siswa dan pemecahan masalah secara holistik. Siswa diajak untuk bekerja bersama-sama, berbagi pengetahuan dan keterampilan mereka dari berbagai bidang untuk menemukan solusi yang kreatif dan inovatif.

Dengan demikian, latar belakang pembelajaran terpadu dan terintegrasi didorong oleh kebutuhan untuk mempersiapkan siswa dengan pemahaman yang komprehensif, keterampilan berpikir lintas disiplin, dan kemampuan untuk menghadapi dunia yang kompleks dan terhubung erat. Pendekatan ini berupaya menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa, membantu mereka menjadi pembelajar seumur hidup yang berpikir kritis dan kreatif.

B. Rumusan Masalah
1. Apa yang di maksud model threaded ?
2. Apa yang di maksud model intregated?
3. Apa yang di peroleh dalam menggunakan model pembelajaran threaded ?

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *