Makalah Mengelola Organisasi Pemasaran Holistik Untuk Jangka Panjang

           
Pemasaran secara keseluruhan (holistic marketing) merupakan ide dimana pemasaran merupakan segalanya, dikatakan bahwa organisasi yang sukses harus memiliki pendekatan secara menyeluruh pada pemasarn dimana semua bagian dari organisasi memfokuskan untuk bagaimana meningkatkan nilai tambah bagi pelanggan dan bagaimana mengkomunikasikan nilai tersebut kepada pelanggannya.
Inti dari pemasarn adalah penyampaian nilai kepada para konsumen atau pelanggan dan bagaimana mengkomunikasikan nilai tersebut kepada pelanggan,dan tentunya nilai tersebut haruslah ditingkatkan dan sebelum semua itu dilakukan, haruslah membuat nilai tersebut. Oleh karena itu, dibahaslah pemasarn secara keseluruhan dimana membahas inti dari kegiatan dari pemasaran yang telah dibahas diatas, dan keseluruhan pemasaran itu diwakilkan oleh empat komponen penting, yaitu pemasarn yang digabungkan (integrated marketing) dimana berhubungan dengan komunikasi, produk dan juga saluran distribusi. Selanjutnya ada pemasarn internal (internal marketing) dimana berhubungan dengan departemen pemasaran, manajer senior, dan departemen lainnya yang berhubungan dengan pemasaran. Yang ketiga, komponen pemasaran hubungan (relationship marketing) dimana berhubungan dengan pelanggan, penyalur, mitra kerja, dan lainnya. Yang terakhir ialah pemasaran tanggung jawab sosial (social responsibility marketing) dimana berhubungan dengan komunitas, etika, lingkungan, dan legal atau hukum.
Konsep pemasaran holistik adalah konsep pemasarn yang mulai sering dipakai Pada akhir dekade ini.komponen dalam orientasi pemasaran ini ada empat, relationship marketing, integrated marketing,internal marketing, dan social responsibility marketing. Konsep pemasaran holistik ini adalah perkembangan dari konseppemasarn biasa. Konsep pemasaran biasa adalah konsep penjualan produk yang tidak hanya berasumsi pada penjualan yang tinggi sehingga profit meningkat, namun pula memperhatikan kepuasan dari pelanggan. Konsep ini memperhatiakan pentingnya research and development dalam pengembangan produknya. Sedangkan dalam konsep pemasaran holistik, dikembangjkan pentingnya keetisan dalam penjualan produk. Kepentingan semua stakeholder yang terkait, diperhatikan dalam konsep ini, terutama dalam konsumen.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *