Makalah Memahami Peran Guru dan Anak Didik

Loading

           

Psikologi pendidikan sebagai ilmu yang meneliti masalah jiwa dan aktivitas psikologis seseorang dalam kaitannya dengan pendidikan sebagai interaksi adalah disiplin yang cukup penting dalam memeriksa masalah yang mengganggu atau mendukung jiwa siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan memahami keadaan mental siswa maka guru dapat mengatur dan berusaha mencari solusi atas masalah tersebut. Maka, sepatutnya seorang guru perlu memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang psikologi pendidikan sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan terarah.
Peran Guru merupakan sesuatu kesatuan yang utuh. Peran guru adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan mengevaluasi dari peserta didik. Peran guru sangat penting demi tercapainya tujuan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi pelajaran kepada anak didiknya. Namun, guru juga harus memberikan bimbingan, latihan bagi anak didiknya.
Anak adalah individu yang unik dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Perbedaan kemampuan harus diketahui oleh setiap pengajar agar mudah menentukan cara atau strategi dalam mengajar untuk mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan.
Pembelajaran adalah sebagai suatu upaya yang dilakukan pendidik atau guru secara sengaja dengan tujuan menyampaikan ilmu pengetahuan, dengan cara mengorganisasikan dan menciptakan suatu sistem lingkungan belajar dengan berbagai metode sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara lebih optimal

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *