Makalah Mekanisme Strategi Bersaing Produk Bank Syariah Dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0 Ditinjau Melalui Analisis Swot Dalam Prespektif Ekonomi Islam

           
Pemikiran ekonomi islam diawali sejak Nabi Muhammad SAW ditunjuk sebagai seorang rasul. Rasulullah SAW mengeluarkan sejumlah kebijakan yang menyangkut berbagai hal yang berkaitan denga masalah kemasyarakatan, selain masalah hukum (fiqih), politik (siyasah) juga masalah perniagaan atau ekonomi (muamalah). Masalah-masalah ekonomi umat menjadi perhatian Rasulullah SAW, karena masalah ekonomi merupakan pilar penyangga keimanan yang perlu diperhatikan.
Dinamika ekonomi secara terus menerus mengalami perkembangan dari masa rasululllah SAW, masa khulafaurrasyidin, masa umar bin khattab, ustman bin affan, dan ali bin abi thalib hingga perkembangan dan kemajuan ekonomi saat ini sudah menuju industri teknologi yang disebabkan meningkatnya ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan serta keinginan dari manusia menyebabkan organisasi ataupun perusahaan yang memiliki produk dan jasa yang dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia semain kompetitif.
Revolusi Industri merupakan perubahan cara hidup dan proses kerja manusia secara fundamental, dimana dengan kemajuan teknologi informasi dapat mengintegrasikan dalam dunia kehidupan dengan digital yang dapat memberikan dampak bagi seluruh disiplin ilmu. Revolusi 4. 0 menawarkan tentang tentang peluang sekaligus ancaman akan keberlangsunagan usaha yang telah mapan sekalipun, tidak terkecuali lembaga perbankan syariah. Maka dari itu untuk menjaga keberlangsungan suatu perusahaan perlu yang namanya analisis SWOT untuk menganalisa sejauh mana perusahaan dapat berkembang dan selain itu pula untuk menjaga setiap ancaman yang dapat mempengaruhi keberlangsungan perusahaan tanpa terkecuali bagi perbankan syariah.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Azis

Leave a Reply

Your email address will not be published.