Makalah Manajemen Sumber Daya Insani

           
Manajemen sumber daya manusia bukanlah suatu yang baru dilingkungan suatu organisasi, Khususnya dibidang bisnis. Dimana sumber daya manusia adalah potensi yang merupakan asset dan berfungsi sebagai modal (non material / non finansial ) di dalam organisasi bisnis yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata ( real ), secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi pada setiap perusahaan, faktor sumber daya manusia merupakan bagian yang cukup penting dalam mencapai tujuan organisasi, baik itu perusahaan besar maupun kecil jadi bagaimana pun perusahaan memiliki peralataan yang modern dengan teknologi tinggi, manusia merupakan faktor penggerak, tanpa manusia suatu perusahaan tidak akan berfungsi. Tujuan memahami dan mempelajari manajeman sumber daya manusia sebagai suatu pengetahuan yang diperlukan untuk memiliki kemampuan analisis dalam menghadapi masalah – masalah sumber daya manusia khususnya dibidang organisasi, karena setiap organisasi memiliki tiga komponen pokok yaitu personalia, fungsi dan faktor fisik yang merupakan sarana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan untukmewujudkan produktifitas yang maksimal yang tidak mungkin lepas kaitannya dengan manusia, dimana hidup manusia dapat tercukup i dengan cara berkerja dan mendapatkan dengan kemampuan fisik dan skis dan manusia itu sendiri.
Salah satu peran manajer personalia adalah pengembangan yang berupa peningkatan ketrampilan melalui pengalaman kerja tenaga kerja guna meningkatakan produktifitas kerja. Hal merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dan akan terus menerus tumbuh karena perkembangan teknologi.Reorganisasi perkerjaan dan tugas manajemen yang sangat rumit.
Dengan adanya pendidikan dan pengalaman kerja tersebut maka diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu memberikan kontrabusi yang baik dalam pencapaian tujuan perusahaan. Melalui pelatihan ini juga perusahaan dapat memiliki karyawan yang memiliki kompentensi untuk bersaing, terlebih lagi persaingan global dan tuntutan konsumen yang semakin beragam. Sebagai manifestasi dan fungsi pengembangan tenaga kerja, sumber daya manusia yang memiliki organisasi harus diberi latihan pada pendidikan yang terbaik. Program pendidikan dan pengalaman merupakan proses berlanjut karena munculnya kondisi – kondisi baik perkembangan teknologi, perkembangan ekonomis dan non ekonomis dalam perusahaan mengantisipasi adanya perkembangan – perkembanagan lain, kondisi – kondisi baru, mendorong perusahaan untuk menyusun program latihan secara menyeluruh.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Azis

Leave a Reply

Your email address will not be published.