Makalah Manajemen Resiko Pasar Dan Manajemen Resiko Likuiditas

           
Seiring berkembangnya zaman didunia perbankan berperan penting di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Untuk melihat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara , bank harus dapat menjalankan fungsi-fungsi yaitu lembaga keuangan yang memusatkan perhatiannya pada sector penghimpun pada penyaluran dana. Bank harus mengelola dengan baik, karna semakin meningkat permintaan dan dana oleh pengusaha yang akan membuka berbagai jenis usaha maupun pengembangan usaha tersebut. Maka akan memerlukan sumber dana atau modal untuk menjamin pengembangan usahanya.
Salah satu dari jenis bank yang ada yaitu Bank Pembangunan Daerah (BPD) Pengumpulan dana yang dilakukan bank ini berasal dari simpanan, tabungan, deposito atau mengeluarkan kertas berharga jangka menengah dan jangka panjang dibidang pembangunan. Tujuan utama operasional bank adalah dapat memberikan keuntungan guna untuk pembiayaan seluruh kegiatan operasional dan ekspansi kegiatan di masa yang akan datang. Dalam memperoleh keuntungan dapat diukur dengan melihat rasio-rasio tingkat profitabilitas bank.
Risiko likuiditas adalah mengukur kemampuan likuiditas jangka pendek perusahaan dengan melihat aktiva lancar perusahaan relative terhadap hutang lancarnya (hutang dalam hal ini merupakan kewajiban perusahaan). Meskipun rasio ini tidak bicara masalah solvabilitas, namun risiko likuiditas yang jelek dalam jangka panjang juga mempengaruhi solvabilitas perusahaan.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *