Makalah Manajemen Ketatalaksanaan Lembaga Pendidikan

           

Ilmu administrasi sebagai ilmu yang membahas tentang usaha-usaha manusia dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja di dalam suatu kelompok, disamping diarahkan untuk mencari metode dan alat kerja yang tepat, ternyata menaruh perhatian yang besar pula terhadap pembinaan dan pengaturan tenaga manusia sebagai unsur pelaksana.
Di lingkungan lembaga pendidikan formal, terlibat sejumlah manusia yang harus bekerjasama dalam mencapai suatu tujuan. Usaha pembinaan, pengembangan dalam pengendalian lembaga tersebut tidak dapat dilepaskan dari masalah metode dan alat serta maslah manusianya sendiri yang harus mampu menerapkan kerja secara efektif. Oleh karena itulah maka di dalam usaha pembinaan, pengembangan dan pengendalian usaha-usaha pendidikan formal sangat diperlukan penerapan ilmu administrasi.
Antara kegiatan administrasi pendidikan, manajemen pendidikan, kepemimpinan pendidikan dan supervisi pendidikan pada dasarnya saling menjalin satu dengan lainya, sabagai kegiatan yang dapat menunjang keprofesionalan para petugas pendidikan dalam mewujudkan tujuan di lingkungan lembaga pendidikan masing-masing. Oleh karena itulah perlu ditekankan kembali bahwa setiap petugas pendidikan terutama guru tidak cukup hanya dibekali kemampuan profesionalitas. Mereka juga harus dibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampilan dan keahlian dalam berbagai bidang agar mampu mewujudkan kerjasama yang efektif bagi pencapaian tujuan.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *