Makalah Manajemen Hubungan Madrasah/Pesantren Dengan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan

         
1.1 .Latar Belakang
Pendidikan dalam islam mempunyai kedudukan yang penting. Sebab dengan pendidikan ilmu pengetahuan,baik itu ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum dapat disebarluaskan. Bahkan dimasa kejayaan islam,ilmu pengetahuan berkembang demikian pesatnya. Perkembangan tersebut menyebabkan peradaban masyarakat pada masa itupun terjadi semakin pesat.
Namun seiring dengan terjadinya benturan-benturan sepanjang sejarah saat ini umat islam seolah menjadi generasi yang hilang. Pendidikan yang berlabelkan kesilaman seperti pesantren dan madrasah masih dinilai kelas dua. Kondisi ini menyebabkan banyak cendekiawan muslim menerapkan konsep modernisasi dalam pendidikan islam. Sebuah konsep yang menginginkan pendidikan islam dapat menghasilkan cendekiawan-cendekiawan muslim yang menguasai ilmu agama dan ilmu pengetahuan sehingga mampu bersaing dalam kancah internasional.
Institusi pendidikan di Indonesia yang telah mengenyam sejarah paling panjang diantaranya adalah pesantren. Institusi ini lahir,tumbuh dan berkembang tela lama. Bahkan semenjak belum dikenalnya lembaga pendidikan lainnya di Indonesia,pesantren telah hadir lebih awal. Hal ini menandakan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai akar sejarah keindonesiaan.
Kini eksistensi madrasah sebagai institusi pendidikan islam di Indonesia telah sejajar dengan sekolah umum. Serangkaian kebijakan pemerintah telah menempatkan madrasah pada posisi sejajar dengan sekolah-sekolah umum,baik negri maupun swasta. Kedudukan yang bersifat legal formal sebagai wujud kebijakan pemerintah,satu sisi dapat mendongkrak status madrasah di masyarakat sebagai pendidikan kelas dua meningkat dan berdiri sejajar dengan pendidikan umum.
Manajemen merupakan komponen integral dan tidak dapat dipisahkan dari proses berjalannya suatu organisasi profif maupun non profit secara keseluruhan. Alasannya adalah tanpa manajemen tidak mungkin tujuan organisasi profif maupun non profit tersebut dapat diwujudkan secara optimal,efektif maupun efisien. Maka disini penulis membahas bagaimana manajemen hubungan madrasah/pesantren dengan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan islam.
1.2. Rumusan Masalah
1. Jelaskan manajemen pendidikan islam?
2. Jelaskan pengertian pesantren/madrasah?
3. Jelaskan pengertian masyarakat?
4. Bagaimana manajemen hubungan madrasah/pesantren dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan?
1.3. Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui manajemen pendidikan islam
2. Untuk mengetahui pengertian pesantren/madrasah
3. Untuk mengetahui pengertian masyarakat
4. Untuk mengetahui bagaimana manajemen hubungan madrasah/pesantren dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan

.

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *